Selamat datang di website resmi STIKVINC Surabaya

KAMPUS MINISTRY

CAMPUS MINISTRY

Salah satu dari empat ciri hakiki Universitas Katolik, sebagaimana ditetapkan Ex Corde Ecclesia adalah komitmen kelembagaan untuk melayani umat Allah dan keluarga manusia dalam perziarahan mereka kepada tujuan transenden yang memberi makna pada kehidupan. Era globalisasi ini banyak krisis yang dialami oleh segenap warga kampus bukan hanya mahasiswa namun tuntutan kehidupan yang membuat ketidak seimbangan di semua aspek kehidupan, dimana setiap orang harus siap secara mental dan spiritual menghadapi situasi itu. Perubahan nilai nilai kehidupan diera globalisasi ini bila tidak diimbangi dengan kematangan spiritual akan menjadikan seseorang terombang ambing, depresi bahkan frustasi yang menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya: hamil diluar nikah, abortus, perilaku menyimpnag dan juga penyalagunaan obat, kecanduan obat, sex bebas, gaya hidup konsumtif, budaya bunuh diri. Untuk menghasilkan peserta didik perawat maupun fisioterapi yang siap pakai, profesional, berkarakter dibutuhkan pembimbingan yang telah dibekali kemampuan yang memadai dalam keterampilan , kongnitif, komunikasi dan motorik sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan standart praktik keperawatan dan fisioterapi dan mempunyai AQ, EQ dan SQ yaitu intelektual yang baik serta Emotional yang stabil dan spiritual yang optimal. Mengapa pengembangan karakter tenaga edukatif, non edukatif dan mahasiswa itu sangat penting dan strategis? Pertama pengembangan karakter merupakan tantangan bagi dosen karyawan dan mahasiswa dalam rangka pengembangan karakter pribadi kedepannya, kedua program penyelenggaraan ini sangat penting dan strategis yang perlu di perjuangkan untuk pengembangan pembinaan karakter anak bangsakarena semakin rendahnya karakter penerus bangsa yang mana saat ini nilai nilai kedisiplinan, kejujuran sangat memprihatinkan. Ketiga Tuntutan saat ini yang semakin mengarah kepemilikan karakter yang tangguh, penuh inisiatif, mandiri dan proaktif, berdedikasi tinggi dll. Dalam ex corde ecclesia (no 38 / hal 41) pelayanan pastoral merupakan aktivitas universitas yang bertujuan memberikan kesempatan kepada para anggota komunitas universitas untuk mengintegrasikan prinsip – prinsip moral dan religious dengan studi akademik dan non akademik, dengan demikian mengintegrasi iman dengan kehidupan. Ini merupalkan unsure konstitutif dari universitas katolik itu sendiribaik dalam strukturnya maupun dalam hidupnya. Komunitas universitas yang memperhatikan peningkatan ciri Katolik lembaga akan menyadari dimensi pastoral ini dan peka akan cara bagaimana dimensi pastoral berpengaruh pada segala kegiatan universitas. Berdasarkan pertimbangan diatas, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya bekerja sama dengan yayasan arnoldus dan keuskupan surabaya mengajukan usulan penyelenggaraan campus ministry di STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya.

TUJUAN PEMBENTUKAN

Pengertian :
Pendampingan pelayanan yang melibatkan semua aspek kehidupan rohani dikampus .
Tujuan Umum :
  1. Menjaga, menanamkan dan menumbuhkembangkan nilai nilai kekatolikan serta mensosialisasikannya kepada warga kampus.
  2. Mengkoordinasikan sakramen-sakramen, bimbingan rohani dan program pengembangan kerohanian dan social bagi seluruh warga kampus.
  3. Mengupayakan, menumbuhkembangkan dan meningkatkan iman, kerohanian bagi mahasiswa, pegawai edukatif dan non edukatif di STIKES .
  4. Menumbuhkan dan mengembangkan sikap yang berpihak pada kasih dan kehidupan pada pelayanan pastoral. 
Dasar Campus Ministry di STIKES St.Vincentius A Paulo Surabaya :
  1. Kitab Hukum Kanonik  : KHK 813 (Reksa Pastoral Mahasiswa)
  2. Dokumen KV II: Gravissimum Educationis no 10
  3. Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik  ( Yohanes Paulus II )

SIE KONSELING

Pengertian Sie Konseling :

 

Kegiatan Sie Konseling :

  1. MMengunjungi orang orang yang dikonseling dan / atau sedang didoakan 
  2. Melayani setiap permintaan konseling pribadi maupun konseling kelompok 
  3. Membuat jadwal jaga / piket (1 jam per minggu) untuk menerima dan melayani permintaan konseling dari seluruh sivitas, baik secara langsung (tatap muka), via sms, via telp, ataupun email 
  4. Mencatat / mengarsipkan semua file – file hasil konseling secara rahasia, dan memantau perkembangannya 
  5. Melakukan latihan / praktek konseling secara rutin, dan hal itu dimulai dengan memperhatikan dan meng-konseling pengurus CM yang sedang mengalami masalah – masalah khusus / tertentu 
  6. Berusaha untuk mengerti dan mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh setiap kelompok dan anggota – anggota yang ada di dalamnya 
  7. Merencanakan dan menyelenggarakan diskusi atau seminar rohani secara teratur, baik di dalam kelompok kecil maupun kelompok yang besar. 
  8. Bekerja sama dengan panitia – panitia kegiatan diskusi dan seminar di kampus.

 

Aktifitas Sie Konseling:

  1. Melayani setiap permintaan baik pribadi maupun kelompok 
  2. Mencatat dan mengarsipkan hasil konseling secara rahasia dan memantau perkembangan 
  3. Bimbingan PA yang bermasalah 
  4. Pembekalan materi  konseling

Anggota :

  • Cicilia Wahju Djajanti
  • Etik Lusiani
  • Kristina M.M
  • Rina

SIE LITURGI

Pengertian Sie Liturgi :

Merupakan bidang tugas yang mengurus segala bentuk palayanan ibadah/kebaktian/persekutuan (PD) yang ada di STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo

Kegiatan Sie Liturgi :

  1. Membuat dan memperbanyak liturgi, ibadah/kebaktian, seperti kegiatan misa bulanan, moment dies natalis dan Vincentius day.
  2. Mengupayakan dan mengembangkan liturgi – liturgi kreatif sebagai (liturgi) alternatif untuk bisa dipakai di dalam kebaktian
  3. Menyimpan / Mengarsipkan liturgi – liturgi yang ada, dari dalam dan dari luar
  4. Mendata dan menginventarisir Persekutuan Doa (PD) yang ada di STIKES
  5. Mengadakan rapat koordinasi antar PD secara rutin
  6. Mengkoordinir pelaksanaan PD Gabungan setiap 2 minggu di kapel
  7. Membuat jadwal dan mengkoordinir pelaksanaan PD CM (baik pagi maupun sore) agar makin berkembang / kreatif dan agar dapat diikuti oleh semua pengurus TIM CM, tanpa terkecuali.
  8. Membentuk  TIM DOA
  9. Mengkoordinir dan memfasilitasi Tim Doa untuk mengadakan doa bersama secara rutin (1 minggu 1x)
  10. Mendoakan bangsa – negara, kampus – fakultas – unit, orang tua – keluarga, program kegiatan CM dan setiap pokok – pokok doa (intense) yang masuk.
  11. Mengarsipkan dan menjaga kerahasiaan pokok – pokok doa pribadi yang dimasukan oleh sivitas.
  12. Membantu Tim Konseling dengan mendoakan apa yang mereka kerjakan dan orang yang mereka layani / perhatikan.
  13. Mengatur dan mengkoordinir semua latihan liturgi, minimal 3 hari sebelum acara, bersama dengan Tim worship/tim praising.
  14. Merencanakan dan mengatur waktu doa untuk disiarkan lewat radio central dan setiap Sabtu English Day.

Aktifitas Sie Liturgi :

  • Menyusun buku doa pagi, dalam bahasa inggris dan Indonesia
  • Membuat buku doa ulang tahun, dsb 
  • Membuat kotak doa intensi
  • Membuat liturgi khusus spt Rosario setahun sekali, jalan salib waktu pra-paskah, dll 
  • Menjadwalkan sharing antar para dosen
  • Mengadakan misa pendidikan membuat susunan jadwal petugas doa 
  • Bertugas saat Persekutuan Doa (PD) 
  • Menyeleksi Lagu-lagu yang bisa masuk dalam liturgi

 

Anggota :

  • Sr. Reinarda Sri Winarni SSpS,MN
  • Bpk. Hery
  • Ibu Nana

SIE PASTORAL CARE

Pengertian Sie Pastoral Care :

Merupakan bidang tugas yang mengurusi segala bentuk pelayanan pribadi ke pribadi, dan / atau pelayanan di dalam kelompok – kelompok kecil bagi seluruh sivitas akademika yang membutuhkan, tanpa membeda – bedakan latarbelakang seseorang atau kelompok orang – orang tersebut. Termasuk di dalam tugas bidang ini adalah memperhatikan sesama pengurus TIM CM yang membutuhkan perhatian dan / atau mengalami masalah tertentu agar mereka semakin mampu mengenal dan mengalami Tuhan di dalam hidupnya.

Kegiatan Sie Pastoral Care :

  • Mengadakan pembinaan dan pelatihan guna meningkatkan skill bagi para pengurus STIKES Program.
  • Membuat jadwal dan mengkoordinir jadwal perkunjungan, khusus kepada pengurus CM yang sakit / bermasalah, dan juga kepada seluruh sivitas akademika (dosen, mahasiswa dan karyawan) yang sakit / bermasalah
  • Mengumpulkan data dan memberikan ”perhatian khusus” kepada pengurus CM yang mengalami hari – hari istimewa (seperti : HUT dan Wisuda)
  • Mendata mahasiswa / dosen / karyawan yang mau ikut Kelompok PA (Pemahaman Alkitab). Jumlah tidak boleh lebih dari 5 orang per kelompok.
  • Memantau dan mengkoordinir kelompok – kelompok PA (atau kelompok mentoring) yang ada, khususnya yang ada di CM, agar dapat berkembang secara kreatif dan mampu menolong sivitas akademika untuk makin bertumbuh di dalam kebenaran firman Tuhan.
  • Merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan – kegiatan peduli lingkungan hidup maupun lingkungan sosial yang ada di kampus dan di sekitar kampus, baik di dalam kelompok kecil maupun kelompok yang besar.
  • Bekerja sama dengan panitia – panitia kegiatan pelayanan sosial di dalam maupun di luar kampus. Misalnya terlibat dalam kegiatan  dan kerjasama dengan SSV ditempat lain dimasing masing paroki setempat dengan team yang ada, kunjungan ke orang sakit dan miskin baik dirumah sakit maupun home care dengan memberikan perawatan dan pengobatan yang dibutuhkan dan latihan fisik untuk pasien stroke  , mengadakan baksos baik yang terencana dan insidentil ada kejadian kejadian bencana alam seperti gunung meletus banjir dsb, Memberikan perawatan  sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang kurang mampu dan pendampingan bila diperlukan.  Bekerjasama dengan daerah binaan dan PHC Rumah sakit Katolik St.Vincentius A Paulo Surabaya.


Aktifitas Sie Liturgi :

  1. Mengadakan pendalaman alkitab sesuai dengan arah dasar keuskupan (APP, pengumpulan dana)
  2. Membuat jadwal kunjunagn pada pengurus CM yang sakit, atau yang membutuhkan
  3. Memberi perhatian khusus pada warga  CM (ultah, perkawinan,wisuda, dll)
  4. Merencanakan kegiatan bakti sosial
  5. Membuat kotak APP
  6. Mengadakan perayaan bersama natal dan paskah bersama mahasiswa
  7. Mengadakan pelatihan-pelatihan terkait moralitas, dialog antar agama, biotik
  8. Mengadakan penggalian spirit pendiri (membuat buku)
  9. Membuat madding (tema-tema seperti APP, dll)

 

Anggota :

  • Sr. Isabella
  • Ibu Cicilia Wahju djajanti
  • Ibu Dwi Purwanti
  • Ibu Sisilia
  • Ibu Yustina
  • Ibu Nita
  • Ibu Ni Nyoman Wahyu
  • Ibu Veronica Silalahi

SIE PRAISING

Pengertian Sie Praising :

Merupakan bidang tugas yang mengurusi segala bentuk pelayanan pastoral dengan menggunakan bakat dan kemampuannya dalam music dan olah vocal/suara

 

Kegiatan Sie Praising :

    • Membuat jadwal latihan rutin music dan menyanyi  guna meningkatkan kemampuan pengurus dan sivitas yang berminat 
    • Bersiap sedia bila sewaktu – waktu dimintakan untuk mengisi ibadah.
    • Menyimpan dan merawat alat musik milik CM
    • Berlatih bersama Tim Liturgi dimoment khusus dan rutin 
    • Bekerjasama dengan  Tim Liturgi
    • Bekerjasama dengan pihak dari dalam STIKVINC dan juga pihak luar dalam membuat rekaman lagu-lagu pujian. 
    • Bertanggungjawab untuk ruang audio/ruang siaran (memelihara kaset, CD, dan semua fasilitas yang digunakan untuk rekaman/siaran).

Aktifitas Sie Praising:

  1. Mengaktifkan kelompok paduan suara mahasiswa yang ada di STIKVINC 
  2. Latihan menyanyi atau olah vocal 
  3. Rencana untuk rekaman 
  4. Bertanggungjawab terhadap ruang siaran  

Anggota :

  • Ibu. M. Astrid
  • Sr. Ignata
  • Ibu. Martha
  • Ibu. Bella
  • Ibu. Marchel
  • Ibu. Mayesti
  • Bpk. Hariyadi

SIE PUBLIKASI

Pengertian Sie Publikasi :

Merupakan bidang tugas yang mengurusi segala bentuk pengembangan pelayanan lewat berbagai media atau sarana yang ada di dalam kampus guna menjangkau / melayani lebih baik dan bagi lebih banyak lagi sivitas akademik yang membutuhkan, tanpa membeda – bedakan latar belakang seseorang atau kelompok orang – orang tersebut. 

 

Kegiatan Sie Publikasi :

  1. Merencanakan, membuat (termasuk meng-edit & mengoreksi hingga selesai) dan mendistribusikan semua  Mading / Buletin, secara rutin, sesuai dengan jadwal yang ada. 
  2. Mengumpulkan semua data/berita/renungan dari berbagai pihak, baik secara langsung (tatap muka), via sms, via telp, ataupun email, untuk diolah guna dimuat di dalam Mading/Buletin. 
  3. Melakukan evaluasi rutin untuk mengembangkan pelayanan secara khusus dan pelayanan CM secara umum. 
  4. Membuat jadwal dan mengevaluasi para pengkhotbah dan pendamping selama 6 hari 
  5. Memikirkan dan merencanakan pengembangan siaran rohani lewat central secara kreatif, dari waktu ke waktu. 
  6. Merencanakan, membuat (termasuk meng-edit & meng-oreksi hingga selesai) dan meng-up date secara teratur weblog yang dimiliki oleh CM. 
  7. Bekerja sama dengan semua tim di CM dan semua pihak di kampus untuk mengumpulkan berbagai jenis/sumber data/berita/renungan dan secara rutin melakukan updating data ataupun berita di weblog tersebut. 
  8. Mengupayakan, memperbanyak dan menempeli brosur – brosur kegiatan CM di tempat – tempat strategis

Aktifitas Sie Publikasi:

  1. Mendokumentasikan dan mempublikasikan semua kegiatan CM melalui blogspot, madding, dan bulletin. 
  2. Membuat mail list
  3. Menerima dan mengedit bahan-bahan untuk mading

Anggota :

  • Ibu Yhenti
  • Bpk Arif
  • Ibu Denok
  • Bpk. Jimmy
  • Ibu. Rina
  • Ibu. Dwi
  • Ibu. Niluh

Untuk Konsultasi silahkan kirim pesan anda :